Meja Lesehan Ala Jepang: Kenyamanan Dalam Tradisi Santap Makanan

Meja Lesehan Ala Jepang
Meja Lesehan Ala Jepang from barangnesia.com

Memahami Konsep Meja Lesehan Ala Jepang

Meja lesehan adalah tradisi makan di Jepang yang sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Konsep meja lesehan sendiri adalah makan di atas lantai, menggunakan tradisional tatami dan bantal sebagai alas duduk. Meja lesehan sendiri terdiri dari beberapa jenis, seperti kotatsu, zataku, dan chabudai. Namun, dari semua jenis meja lesehan tersebut, chabudai adalah yang paling umum digunakan di Jepang.

Mengapa Meja Lesehan Menjadi Populer?

Meja lesehan menjadi populer karena memberikan kenyamanan saat makan. Dengan duduk di atas tatami dan menggunakan bantal sebagai alas duduk, membuat tubuh menjadi lebih rileks dan nyaman. Selain itu, meja lesehan juga memberikan kesan kebersamaan dan keakraban antar keluarga atau teman saat makan bersama-sama.

Kelebihan Meja Lesehan

1. Nyaman

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, meja lesehan memberikan kenyamanan saat makan. Kita bisa duduk dengan posisi yang nyaman dan tidak terlalu kaku. Selain itu, meja lesehan juga memberikan kesan santai dan tenang.

2. Hemat Ruang

Meja lesehan membutuhkan ruang yang lebih sedikit dibandingkan dengan meja makan biasa. Biasanya, meja lesehan hanya dilengkapi dengan beberapa bantal dan tatami, sehingga membuat ruangan terlihat lebih luas.

3. Memberikan Pengalaman Berbeda

Makan dengan konsep meja lesehan memberikan pengalaman berbeda yang tidak bisa kita rasakan saat makan dengan meja biasa. Kita bisa merasakan suasana tradisional Jepang yang tenang dan damai.

Cara Merawat Meja Lesehan

1. Bersihkan secara rutin

Meja lesehan harus dibersihkan secara rutin agar tetap terjaga kebersihannya. Bersihkan tatami dan bantal dengan vakum, dan jangan lupa untuk membersihkan permukaan meja dengan lap yang lembab.

2. Jangan terkena sinar matahari langsung

Meja lesehan harus ditempatkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Hal ini bertujuan untuk menjaga warna dan kualitas tatami, bantal, dan meja itu sendiri.

Baca Juga:  Ruang Tamu Terbuka: Menikmati Kehangatan Alam Di Rumah

3. Jangan letakkan beban yang terlalu berat

Meja lesehan terbuat dari bahan yang ringan dan tidak kuat menahan beban yang terlalu berat. Oleh karena itu, jangan letakkan beban yang terlalu berat di atas meja lesehan.

Kesimpulan

Makan dengan konsep meja lesehan ala Jepang memberikan pengalaman berbeda dan memberikan kenyamanan saat makan. Meja lesehan juga hemat ruang dan memberikan kesan kebersamaan dan keakraban. Namun, untuk menjaga kebersihan dan kualitas meja lesehan, kita harus merawatnya dengan benar.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *